Sunday, April 14, 2013

VeeCAD netlist

Tutorial kali ini akan mengajarkan cara mengimport netlist dari TinyCAD. tentunya menginstall tinyCAD dulu.
1. jalankan TinyCAD, bila belum bisa menggunakan TinyCAD belajar dulu ya...
2. Cari TinyCADLib.TClib punya VeeCAD (di Program Files\VeeCAD\Tutorial) lalu tambahkan ke dalam librarinya TinyCAD. Caranya klik menu Library-Libraries klik Add lalu cari file .TClib tersebut klik open.
3. buat skema seperti ini

4, ekspor netlistnya dengan memilih menu Special-Create PCB NEtlist. jangan lupa file_format : "protel" taruh file di mydokumen dengan nama ps7805_netlist.net
5. tutup tinyCAD, belum selesai loh...
6. buka VeeCAD pilih mode donut_board (in indonesia called papan_bolong_bolong mean "board with holes")
7. klik menu netlist - import. Pilih file netlist .net tadi yang sudah disimpan. Klik Import
8. Maka akan tampil komponen dipojokan, geser komponen ke tengah. Klik icon yang ada garis merahnya untuk memunculkan garis merah bila belum muncul. garis merahnya/net ditracking dengan digambar pake line. Ganti garis merah tersebut dengan "wire" sampai habis.
perlu diingat wire diagonal tidak ada di free version. Jadi jalur wire ya ya zig zag kaku, lumayan lah daripada gak ada :D.

tips : ketika memindah2 kompinen kadangkala label nya yg keseret. untuk menhindari hal ini maka matikan label view nya (klik icon gambar resistor tanpa label)
kadang ada komponen yg tidak dikenali.. yaitu kapasitor.. maka ganti/edit di menu outline editor. Cara mengubahnya set dalam radial, perbesar ukuran. klik ok dan selesai..!!! anda telah memperbaiki komponen bentuk kapasitor.
Hati2 menggambar kawat terutama antar kaki transistor dan ic yg berdekatan, kadang tidak sengaja tersambung, klo error jadiny ada bulatan warna merah di kaki, supaya tidak eror maka usahakan semua garis/titik merah hilang. caranya klik garis kawat disekitarnya lalu hapus. bikin garis kawat lagi

Commercial version has more function, but at this time i just satisfied with this free version :-)



NETTRACK dan AUTOROUTE ?
maaf versi free VeeCAD tidak ada fasilitas net trackin maupun autoroute. makanya kreatif dunk bikin sendiri supaya otak terasah dan tiap orang punya perbedaan keunikan desain.

No comments:

Post a Comment