Monday, April 15, 2013

Introduction VeeCAD


Perkenalan VeeCAD

VeeCAD singkatan dari Veroboard Computer Aid Design. Veroboard atau Stripboard berupa papan dengan lapisan jalur tembaga yang di lobangi dengan jarak 0.1 inchi sesuai dengan jarak kaki IC. Kaki komponen ditancapkan dan di solder dengan timah tersambung dengan jalur tembaga.Memutus jalur tembaga dengan memotong atau mengebor jalur tersebut. Stripboard mengurangi pemcemaran karena tidak menggunakan bahan kimia dan menghemat uang untuk pembelian bahan kimia. Bagian yang tersulit adalah mendesain layout tanpa kesalahan, VeeCAD dapat membantu hal ini.

Bagaimana Kerja VeeCAD
Skema digambar dengan software skema editor seperti Protel, Eagle, atau TinyCAD kemudian ekspor ke file netlist. VeeCAD menimpor file netlist dan mencocokan dengan bentuk komponen yang ada di dalam library. Geser komponen dan tambahkan kawat/wire hingga layout rangkaian ini tuntas. VeeCAD dapat memeriksa rangkaian dan mencetak layoutnya


Fasilitas VeeCAD
1. Kemudahan mendefinisikan bentuk komponen (outline editor). 2. Menggeser dan memutar komponen, menarik kawat supaya pas pada layout board. Menambah dan mengubah sambungan pengkawatan. 3. Menambah kawat untuk menyambung antar jalur. 4. Memeriksa sambungan kawat. 5. Menimpor Komponen netlst dari skema yang dibuat oleh Protel, Target3000, MultiSim7. 6. Menyimpan bentuk komponen di pustaka yang dibutuhkan untuk mengimpor netlist. 7. Memindah dan memutar tulisan nilai komponen 8. Mengedit dengan standar editing termasuk Undo-redo. Tekan F1 bila butuh bantuan.

Tantangan VeeCAD.
VeeCAD dapat dikatakan sebuah PCB editor dibutuhkan keakuratan netlist dan setup yang benar. Bila anda baru dalam CAD maka anda butuh waktu untuk memahami konsepnya. Anda butuh bekerja dengan bantuan di help – tutorial. Bila anda belum menguasai skema editor maka anda wajib mempelajarinya dulu. Mungkin anda pernah menggunakan PCB Editor lain anda akan merasakan bahwa VeeCAD lebih mudah.
Sekali anda lancar menggunakan VeeCAD, menghemat waktu memeriksa Layout karena mirip denga skema mengurangi kesalahan letak komponen. Layout dan skema tersimpan dalam komputer memudahkan untuk dibuat referensi dan dicetak. VeeCAD mengajari prinsip desain rangkaian elektronik menggunakan stripboard biaya murah.

Penyederhanaan CAD
Bila butuh desain cepat, lupakan skema dan netlist, cara sederhana langsung menempatkan komponen dan menyambung langsung dengan operasi sederhana. Tutorialnya di menu help
Installasi VeeCAD
VeeCAD berjalan pada Win2000, XP, Vista, Win7, Linux/Wine dan Mac/Wine/CrossoverMac. Sejak versi 2.21 VeeCAD tidak cocok dengan Windows 95, 98 or ME.
Download software VeeCAD di website veecad.com kemudian Jalankan Installer VeeCAD. Bila mengupgrade tidak perlu uninstall lagi langsung jalankan installer versi terbaru
Umumnya VeeCAD menginstall dirinya kedalam folder seperti dibawah ini : Program Files\VeeCAD : program and help files Program Files\VeeCAD\Tutorials : tutorial projects Program Files \VeeCAD\Samples : sample projects Program Files\VeeCAD\Library : library files for VeeCAD and TinyCAD
Anda dapat mengkopi folder tutorials dan samples ke tempat lain sehingga dapat diedit (folder dibawah Program files tidak bisa diedit bila anda tidak login sebagai administrator)
Library telah diupdate ke versi terakhir jangan dimodifikasi, gunakan folder sendiri untuk menyimpan file library baru dan bentuk komponen tambahan, karena VeeCAD dapat menggunakan banyak file library.
ayo buruan download di www.veecad.com

No comments:

Post a Comment